Daily Archives: June 8, 2015

Dana Perkebunan Diharapkan Transparan

Dana Perkebunan Diharapkan Transparan

Perkebunan membutuhkan dana pengembangan yang sangat besar untuk mendorong peningkatan produktivitas.

08 Juni 2015 16:45 2015-06-08-Dana Perkebunan Diharapkan Transparan

JAKARTA – Dana perkebunan yang dipungut melalui Peraturan Pemerintah No 24/2015 diharapkan penggunaannya transparan dan tepat sasaran. Dana tersebut dipastikan tidak akan memberatkan pelaku usaha. Hal itu disampaikan Ketua Umum Asosiasi Kakao Indonesia, Zulhefi Sikumbang, dan Senior Advisor Asosiasi Gula Indonesia (AGI), Yadi Yusriadi, yang dihubungi terpisah, Minggu (7/6).

Peraturan Pemerintah (PP) No 24/2015 tentang Penghimpunan Dana Perkebunan ditandatangani Presiden Jokowi pada 18 Mei 2015. Perkebunan tersebut adalah yang termasuk komoditas strategis, yaitu kelapa sawit, kelapa, karet, kopi, kakao, tebu, dan tembakau.

Continue reading

Trend Melemah Harga Kakao Mulai Ditantang

Trend Melemah Harga Kakao Mulai Ditantang

Mon, 8 June 2015, 8:35 AM

2015-06-08-Trend Melemah Harga Kakao Mulai Ditantang

Harga kakao berjangka mengalami pergerakan yang volatil pada sesi perdagangan terakhir pekan lalu (8/6). Harga kakao berjangka kontrak Juli yang merupakan kontrak paling aktif akhirnya hanya bisa membukukan peningkatan yang tipis saja. Pada sesi perdagangan tersebut harga komoditas ini sempat anjlok tajam.

Komoditas kakao berjangka di ICE Futures saat ini sudah memasuki pola konsolidasi. Trend bearish di pasar kakao tampak akan mulai ditantang oleh aksi beli yang terkait dengan optimisme terhadap kondisi ekonomi Amerika Serikat. Kenaikan dollar tidak lagi dipandang sebagai sentimen negatif sebab dengan membaiknya kondisi ekonomi AS permintaan dari negara tersebut berpotensi untuk meningkat.

Continue reading