Daily Archives: July 30, 2015

Pemerintah Harus Revisi Bea Keluar Biji Kakao

Pemerintah Harus Revisi Bea Keluar Biji Kakao

Kamis, 30 Juli 2015, 05:00 WIB

2015-07-30-Pemerintah Harus Revisi Bea Keluar Biji Kakao

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Asosiasi Industri Kakao Indonesia (AIKI) meminta kepada pemerintah agar melakukan revisi tarif bea keluar biji kakao menjadi tarif flat 15 persen. Hal ini untuk menghambat agar biji kakao tidak terlalu banyak di ekspor dan bisa diserap oleh industri di dalam negeri.

“Produksi biji kakao di dalam negeri turun sehingga efeknya tahun lalu, industri kita harus impor mencapai 110 ribu ton,” ujar Direktur Eksekutif Asosiasi Industri Kakao Indonesia Sindra Wijaya di Jakarta, Rabu (29/7).

Continue reading

Revisi Bea Keluar Biji Kakao akan Ditinjau

Revisi Bea Keluar Biji Kakao akan Ditinjau

Kamis, 30 Juli 2015, 05:15 WIB

2015-07-30-Revisi Bea Keluar Biji Kakao akan Ditinjau

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian Panggah Susanto mengatakan, pihaknya akan melakukan follow up kepada Kementerian Keuangan terkait revisi tarif bea keluar biji kakao. Usulan revisi tersebut sudah disampaikan kepada Kementerian Keuangan sejak beberapa bulan lalu.

Panggah menjelaskan, asosiasi minta agar tarif bea keluar direvisi dan ditetapkan menjadi flat sebesar 15 persen. Pasalnya, apabila tidak di review akan terjadi peningkatan ekspor sedangkan di sisi lain kebutuhan kakao di dalam negeri juga meningkat.

Continue reading

Permintaan dan Pasokan Kakao Masih Lesu, Harga Kembali Naik

Permintaan dan Pasokan Kakao Masih Lesu, Harga Kembali Naik

Thu, 30 July 2015, 10:37 AM

2015-07-30-Permintaan dan Pasokan Kakao Masih Lesu, Harga Kembali Naik

Harga kakao berjangka di penutupan perdagangan Kamis dini hari tadi mengalami kenaikan lanjutan (30/7). Harga kakao berjangka membukukan kenaikan untuk tiga sesi berturut-turut disebabkan oleh rebound teknikal yang terjadi. Harga komoditas ini sudah mencapai posisi paling tinggi dalam empat sesi belakangan.

Secara fundamental sendiri kondisi permintaan terhadap kakao masih belum menunjukkan kenaikan. Akan tetapi kondisi pasokan juga masih berpotensi terbatas. Karena itulah secara umum harga dinilai masih berpotensi untuk melanjutkan kenaikan.

Dikabarkan bahwa kondisi tanaman kakao di Asia Tenggara masih cukup baik. Akan tetapi kondisi tanaman di Brazil dilaporkan agak kurang baik karena kekeringan yang melanda negara tersebut. Sementara itu kondisi di tanaman di Afrika juga tampaknya tidak akan mengalami kenaikan produksi pada tahun ini.

Continue reading